RSS

PEMBIAYAAN KONSUMEN

12 Jan

PEMBIAYAANKONSUMEN
Adalah pembiayaan pengadaan barang untuk kebutuhan konsumen dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala (Keppres No. 61 Tahun 1988 Tentang Lembaga Pembiayaan).
Karena yang dibiayai adalah barang untuk tujuan konsumtif, sudah tentu banyak mengandung risiko walaupun risiko tersebut menyebar pada banyak konsumen dengan pembiayaan yang relatif kecil, dan rate of interest yang tinggi. Bagi perusahaan Pembiayaan, keadaan ini masih aman kendatipun jaminan dari pihak konsumen masih diperlukan.
D.    Unsur-unsur
Subjek adalah Para pihak yang terkait dalam hubungan hukum Pembiayaan Konsumen, yaitu Pembiayaan Konsumen     (Kreditur), Konsumen (Debitur), dan Penyedia Barang (Pemasok, Supplier).
Objek adalah barang bergerak keperluan konsumen yang akan dipakai untuk keperluan hidup atau keperluan rumah tangga, misalnya televisi, kulkas, mesin cuci, alat-alat dapur, perabot rumah tangga, kendaraan.
E.    Perjanjian adalah perbuatan persetujuan pembiayaan yang  diadakan antara Perusahaan Pembiayaan Konsumen dan     Konsumen, serta jual beli antara pemasok dan Konsumen. Perjanjian tersebut didukung oleh dokumen-dokumen.
F.    Hubungan hak dan kewajiban, dimana     Perusahaan Pembiayaan Konsumen wajib membiayai harga pembelian barang keperluan Konsumen dan membayar tunai kepada pemasok untuk kepentingan konsumen. Konsumen wajib membayar harga barang secara angsuran. Pemasok wajib menyerahkan kepada Konsumen.
G.    Jaminan berupa kepercayaan kepada Konsumen (Debitur) merupakan jaminan utama bahwa Konsumen dapat dipercaya untuk membayar angsuran sampai selesai.

Pihak dalam Pembiayaan Konsumen
a.    Perusahaan Pembiayaan Konsumen, adalah badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas, Koperasi yang melakukan kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan Konsumen dengan sistem pembayaran angsuran atau berkala oleh Konsumen.
b.    Konsumen adalah pihak pembeli barang Pemasok atas pembayaran oleh pihak ketiga, yaitu Perusahaan Pembiayaan Konsumen. Konsumen tersebut dapat berstatus perseorangan (individual) dapat pula perusahaan bukan badan hukum. Dalam hal ini ada hubungan kontraktual :
1. Perjanjian pembiayaan yang bersifat pemberian kredit antara perusahaan dan Konsumen,
2. Perjanjian jual beli antara Pemasok dan Konsumen yang bersifat tunai.
Pemasok adalah pihak penjual barang kepada Konsumen atas pembayaran oleh pihak ketiga, yaitu Perusahaan Pembiayaan Konsumen. Hubungan kontraktual antara Pemasok dan Konsumen adalah jual beli bersyarat. Syarat yang dimaksud adalah pembayaran dilakukan oleh pihak ketiga, yaitu Perusahaan Pembiayaan Konsumen. Antara Pemasok dan Konsumen terdapat hubungan kontraktual, dimana Pemasok wajib menyerahkan barang kepada Konsumen, Konsumen wajib membayar harga barang secara angsuran kepada Perusahaan yang telah melunasi harga barang secara tunai.

 
1 Comment

Posted by on 12 January 2011 in FE UNRAM 09

 

One response to “PEMBIAYAAN KONSUMEN

  1. joseph

    12 January 2011 at 3:21 pm

    like me

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: