RSS

KLASIFIKASI KARTU KREDIT

12 Jan

Klasifikasi Kartu Kredit
Kartu Kredit dapat diklasifikasikan menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu pertama berdasarkan fungsinya, dan kedua berdasarkan wilayah berlakunya.
a. Kartu Kredit Berdasarkan fungsinya
Ditinjau dari kriteria fungsinya, maka kartu kredit dibedakan menjadi 5 (lima) macam, yaitu :
1.    Credit Card
Ini adalah jenis kartu kredit yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi jual beli barang/jasa. Pembayaran oleh pemegang kartu kepada penerbit dapat dilakukan sekaligus atau dengan cicilan     sejumlah minimum tertentu. Apabila pembayaran dilakukan dengan cicilan, maka jumlah cicilan tsb dihitung dari nilai saldo tagihan ditambah bunga bulanan, jadi mirip dgn mencicil kredit pada bank. tagihan bulan yang lalu termasuk bunga adalah pokok pinjaman bulan berikutnya.
2.    Charge Card
Ini adalah jenis Kartu Kredit yang dapat digunakan sbg alat pembayaran transaksi jual beli barang/jasa. Pemegang kartu harus membayar seluruh tagihan secara penuh pada akhir bulan, atau bulan berikutnya dgn atau tanpa beban biaya tambahan. Oleh karena itu, Kartu kredit ini disebut juga kartu pembayaran penuh pada tanggal jatuh tempo, yang memiliki sifat penundaan pembayaran. Jika tidak dibayar penuh, pemegang kartu akan dibebani denda (charge).
3.    Debit Card
Ini adalah jenis kartu yang sangat berbeda dgn Credit Card dan Charge Card. Kartu Debit Card sebenarnya bukan kartu kredit, melainkan kartu debet yang terbuat dari plastik. Debit Card adalah alat pembayaran yang digunakan pada transaksi jual beli barang/jasa secara tunai tanpa menggunakan uang tunai, melainkan dgn cara mendebet (mengurangi) secara langsung saldo rekening simpanan pemegang kartu dan dalam waktu yang sama mengkredit (menambah) rekening penjual pada bank penerbit sebesar jumlah nilai transaksi.
4.    Cash Card
Ini jenis kartu yang juga sgt berbeda dgn Credit Card dan Charge Card. Kartu Cash Card sebenarnya bukan kartu kredit, melainkan kartu tunai yang terbut dari plastik. Cash Card adalah kartu yang digunakan oleh pemegang kartu untuk menarik uang tunai, baik langsung melalui kasir bank maupun melalui mesin kas otomatis (ATM) bank tertentu yang tersebar ditempat strategis, spt disupermarket, hotel, perkantoran. Walaupun melalui perjanjian kerjasama dgn satu bank tertentu. Pemegang kartu dapat pula menggunakan Cash Card pada bank lain.
5.    Check Guarantee Card
Ini adalah jenis kartu yang juga bukan kartu kredit, melainkan kartu jaminan yang terbuat dari plastik. Kartu Check Guarantee Card dapat digunakan sbg jaminan cek untuk meyakinkan penerima cek yang diterbitkan oleh pemegang kartu dlm transaksi jual beli barang/jasa. Jadi, fungsi kartu ini untuk menjamin setiap pembayaran dgn cek oleh pemegang kartu. Dlm perkembangannya, kartu ini dapat pula digunakan sbg Check Encashment Card untuk menarik uang tunai melalui kantor cabang bank penerbit. Disamping itu, dapat juga digunakan sbg Cash Card untuk menarik uang tunai di ATM

b. Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya
Ditinjau dari wilayah berlakunya, maka kartu kredit dibedakan menjadi dua (2) macam, yaitu dan Kartu Kredit Internasional.
1.    Kartu Kredit Nasional
Jenis kartu kredit yang hanya berlaku dan digunakan sbg alat pembayaran disuatu wilayah negara tertentu saja, misalnya wilayah Indonesia. Contohnya adalah BCA Card, Kassa Card. Karena pesatnya penggunaan Kartu Kredit, maka beberapa perusahaan pengecer (retail companies) menerbitkan kartu kredit sendiri guna memberi pelayanan lebih aman, mudah dan praktis kepada nasabahnya. Contohnya Hero, Astra Card, Golden Truly, Garuda Executive Card.
2.    Kartu Kredit Internasional
Jenis kredit yang berlaku dan digunakan sbg alat pembayaran internasional atau mancanegara. Kartu kredit internasional atau mancanegara yang paling terkenal adalah Visa Card dan Master Card. Dua kartu kredit ini paling banyak digunakan dan memiliki jaringan kerja antar benua. Kedua kartu kredit tsb masing-masing telah dikuasai oleh pemegang kartu yang tersebar dikota-kota seluruh dunia dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi hampir disemua kota. Selain Visa Card dan Master Card, ada lagi jenis kartu kredit internasional yang banyak digunakan, yaitu Dinners Club, American Express. Kartu Kredit Visa Card dimiliki oleh perusahaan kartu Visa Internasional.

 
Leave a comment

Posted by on 12 January 2011 in FE UNRAM 09

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: