RSS

Apakah Negara Kita NKRI atau NKRJ?

28 Aug

ada lagu nasional yang di liriknya terdapat kalimat “dari sabang sampai merauke berjejer pulau-pulau sambung menyambung menjadi satu itulah indonesia”.

indonesia memang memiliki pulau yang tersebar dari ujung barat -sabang- hingga ujung timur sana -merauke-. namun jika melihat apa yang sedang menimpa indonesia belakangan ini -bahkan jauh hari sebelumnya-, negara indonesia lebih identik dengan pulau jawa. kenapa ya? jawabannya ada pada bagaimana pemerintahan yang terlalu sentralisasi di pulau jawa. dimana semua unsur pemerintahan, industri, perkantoran dan masih banyak lagi memang hanya terdapat di pulau jawa. dan pulau lain hanya terdiri dari pulau yang memang dimiliki oleh provinsi yang menempati pulau tersebut.

kemarin saya sempat browsing di google tentang indonesia, saya membaca tulisan yang menyebutkan bahwa sekitar 70% uang beredar hanya di pulau jawa dan sisanya hanya sebagian kecil ke pulau lainnya  -pulau lombok berapa ya?-. coba kita bayangkan dengan begitu banyak fasilitas dan segala macam industri yang ada di jawa menyebabkan banyaknya keinginan untuk membelanjakan uang lebih banyak di jawa. bagaimana dengan sabang sampai merauke?

selain peredaran uang di artikel tersebut juga disebutkan kalau pemerintahan di indonesia yang terlalu sentralisasi di pulau jawa menyebabkan kurangnya perhatian di luar pulau jawa oleh pemerintah pusat karena yang kita lihat dari media -baik cetak maupun elektronik- hanya kejadian yang terjadi di pulau jawa dan sedikit sekali kejadian yang diangkat ke media berasal dari luar pulau jawa. hal ini menyebabkan banyaknya pembangunan daerah yang terhambat yang tidak mendapatkan perhatian. sungguh sebuah ironi yang mana indonesia memiliki belasan ribu pulau namun yang aktif  hanya satu pulau saja. dan yang agak membuat saya kaget waktu saya pergi bersama teman ke daerah wisata kami sempat berbicara dengan wisatawan asing dan intinya dia mengatakan kalau dia tidak tahu kalau lombok itu bagian dari indonesia karena yang hanya ditahu tentang indonesia adalah jawa saja.  sedih juga ya!!! punya negara tapi tidak ditahu sama warganegara lain. sedih banget. yang lebih kaget lagi waktu saya nonton berita di sebuah televisi swasta nasional yang meliput kehidupan masyarakat yang bermukim di perbatasan yaitu mereka tidak peduli dengan keadaan negara indonesia ini. lho kok bisa? ya bisa, hal ini dikarenakan oleh pemerintah tidak pernah melihat atau memperhatikan kehidupan mereka. mereka hidup di bawah taraf hidup yang di bawah masyarakat lainnya, ironisnya mereka hidup dengan buaian dari negara tetangga yang letaknya hanya beberapa meter dari tempat tinggal mereka. mata uang juga tidak menggunakan rupiah melainkan mata uang negara tetangga karena untuk menjual hasil bumi mereka tidak menjual kepada para warga indonesia melainkan ke pasar yang dibuat oleh negara tetangga di perbatasan. waktu ditanya oleh reporter televisi tersebut mereka menjawab kalau tidak ada gunanya mereka menjual hasil bumi ke kota karena jarak yang jauh dari desa mereka hal itu disebabkan oleh harga akan menjadi mahal oleh biaya transportasi. tentu mereka akan mejadi rugi.yang mejadi pertanyaan negara kita ini NKRI -negara kesatuan republik indonesia- atau NKRJ -negara kesatuan republik jawa-?

oya, selain artikel tersebut saya juga melihat sebuah artikel yang menuliskan sebuah ide bagaimana mendesentralisasi pemerintahan indonesia. di dalam artikel tesebut dituliskan pemerataan pembagian pemerintahan -dalam arti tidak terfokus di pulau jawa- seperti pemindahan ibukota negara ke pulau kalimantan karena pulau kalimantan terletak di tengah-tengah negara indonesia dan di pulau itu khusus buat ibu kota pemerintahan tidak ada industri maupun pabrik. dan tentu perindustrian fokus di pulau jawa soalnya sudah terlanjur dari dulu. pulau-pulau lain juga tetap dikembangka, papua misalnya yang masih banyak terdapat hutan maka di sana dipusatkan untuk hutan produksi. di sumatra utara khusus buat produksi kelapa sawit, di sulawesi buat produk lokal yang berpotensi dan pulau-pulau kecil lainnya di kembangkan untuk pariwisata dengan memanfaatkan pantainya yang indah.

apa lagi ya… sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan dengan memindahkan kedudukan ibukota. manfaat yang diperolah juga akan semakin banyak antara lain dari segi kongkalikong bisa dikurangi antara yang swasta dengan oemerintah dalam urusan perijinan yang bisa menyebabkan kerugian bagi bangsa sendiri.

 
Leave a comment

Posted by on 28 August 2010 in Artikel, Artikel Umum, Sekedar tulisan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: