RSS

Jelang undian Liga Champions: Madrid ditunggu lawan berat

26 Aug
Fase grup Liga Champions 2010/2011 akan segera bergulir. Menariknya Real Madrid yang kini dilatih Jose Mourinho, pemegang medali juara tahun lalu, kemungkinan besar akan langsung berhadapan dengan salah satu raksasa Eropa.

Babak playoff telah merampungkan seluruh pertandingan dinihari ini. Dengan delapan tim yang sudah lolos maka lengkaplah sudah 32 tim peserta kompetisi terelit di benua Eropa. Dan pengundian pun akan dilakukan di Nyon, Swiss, Kamis (26/8) malam nanti.

Seperti biasa bakal ada delapan grup yang diisi oleh empat tim, yang mana setiap tim diambil dari empat pot berbeda. Empat pot itu menunjukkan status unggulan pertama hingga keempat yang dihitung dari koefisien ke-32 klub dalam penampilannya di turnamen Eropa selama lima musim terakhir.

Inter Milan sebagai juara bertahan tentunya berhak berada di urutan teratas pot pertama, setelah musim lalu hanya menempati pot kedua. Sementara tempat Liverpool di pot pertama, yang musim ini bermain di Liga Europa, diambil alih Olympique Lyon.

Grup neraka pun bisa langsung tercipta jika melihat susunan unggulan, di mana Madrid sebagai pemegang rekor trofi terbanyak Liga Champions masih berada di pot kedua, dan kan bertemu salah satu klub raksasa di babak grup. Ini buntut dari performa buruk mereka di lima musim terakhir yang selalu mentok di babak 16 besar.

Paling Menarik jika undian nanti mempertemukan Madrid dengan Inter di satu grup. Ini berarti Mourinho tak butuh waktu lama untuk langsung berhadapan dengan klub yang dibawanya meraih treble winner musim lalu itu.

Atau bisa saja Madrid bertemu Manchester United, Chelsea, Arsenal, AC Milan dan Bayern Munich. Tentu itu bakal jadi laga yang menarik bukan?

Jangan lupakan juga kuda hitam macam Benfica, AS Roma, Valencia, Tottenham Hotspur atau Lyon yang mungkin bisa membuat kejutan di babak grup ini. Juara dan runner-up Grup A hingga H akan melaju ke 16 besar sedangkan peringkat ketiga berlaga di 32 besar Liga Europa. Matchday I akan dimulai 14-15 September.

Di babak grup ini klub yang berasal dari satu negara tak akan bertemu langsung dan berlaku hingga babak perdelapanfinal. Barulah di babak perempatfinal country protection itu dicabut sehingga memungkinkan terjadinya pertemuan antara klub dari negara sama.

Berikut pembagian unggulan berdasarkan koefisien lima tahun terakhir:

Pot 1: Inter Milan, Barcelona, Manchester United, Chelsea, Arsenal, Bayern Munich, AC Milan, Olympique Lyon

Pot 2: Werder Bremen, Real Madrid, AS Roma, Shakhtar Donetsk, Benfica, Valencia, Olympique Marseille, Panathinaikos

Pot 3: Tottenham Hotspur, Glasgow Rangers, Ajax, Schalke, FC Basel, SC Braga, Kobenhavn, Spartak Moskow

Pot 4: Hapoel Tel-Aviv, FC Twente, Rubin Kazan, Auxerre, CFR Cluj, Partizan Belgrade, Zilina, Bursaspor

via Detiksport

 
Leave a comment

Posted by on 26 August 2010 in Football

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: