RSS

Bulan Agustus. Bulan Festival Seni, Budaya dan Pendidikan

01 Aug

17 Agustus tahun ’45… Itulah hari kemerdekaan kita…

Bulan Agustus dah tiba. Maka semua instansi baik yang pemerintah maupun swasta, para pemuda di kampung-kampung, organisasi masyarakat dan lainnya akan berlomba untuk merayakan hari bersejarah tersebut. Hari apakah itu? Harinya yaaa, seperti dua kalimat di atas. Ya benar, yaitu hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak terasa telah 65 tahun negara ini merdeka setelah mengumandangkan kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945. Telah banyak lika-liku perjalanan yang dilalui oleh bangsa ini untuk menggapainya. Begitu pula dengan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dan juga mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai macam kegiatan.

Namun, saya tidak akan membahas mengenai hal pengisian kemerdekaan secara detail. Tapi lebih kepada hal apa saja yang menjadi kebayakan dilakukan dalam perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tadi pagi saya pergi ke Taman Sangkareang (karena saya tinggal di Mataram, Lombok). Saya kaget kok banyak sekali orang-orang yang di sana, mulai dari acara sepeda santai yang diadakan oleh perusahaan kopi nasional hingga lomba LKBB. Di sela-sela acara itu juga penampilan gendang beleq, tari-tarian, parade SMP dan SMA negeri di Kota Mataram dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa kemeriahan 17 Agustus sangat diinginkan sekali oleh masyarakat karena mereka bisa merasakan perjuangan putra-putri mereka berperan dalam mengisi kemerdekaan walaupun hanya sebagai peserta lomba di tingkat desa sekali pun.

Ini baru di tingkat yang lebih umum. Kemeriahan 17 Agustus juga dinantikan oleh para pemuda di desa, pelajar di sekolah dan tidak jarang kaum hawa yang ambil bagia dalam kegiatan ini. Ada lomba ini itu, bhakti sosial, sumbangan dan upacara di setiap lokasi yang bisa dijadikan tempat upacara.

Namun, bagi saya pribadi perayaan 17 Agustus sangat meriah di tingkat sekolah entah di masa SMP atau pun SMA. Karena di dua tingkat sekolah itu saya bisa menjadi ikut ambil bagian. Baik secara kelompok maupun individu.

Bulan Agustus ini juga dijadikan sebagai tempat untuk menampilkan berbagai macam seni dan kebudayaan asli Indonesia. Karena mereka beramai-ramai untuk melombakan (walaupun tidak peduli dengan hadiah dan sebagainya) budaya dan seni tersebut. Di sini yang terpenting adalah menunjukkan bahwa budaya dan seni bangsa Indonesia masih ada dan akan terus dipertahankan oleh para penerus bangsa ini agar budaya dan seni ini tetap hidup di kemudian hari.

Salam merdeka bangsaku…

Tetaplah berjaya negeriku…

Kaulah bumi pertiwiku…

Indonesiaku

 
Leave a comment

Posted by on 1 August 2010 in Artikel, Artikel Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: