RSS

Sumur Zam – Zam

30 Jun

Sumur Zam-zam ada sisi ilmiahnya ternyata dan itu sudah diteliti oelh para ilmuwan yang kita kenal dengan cabang ilmu Hydrogeologi. Untuk itu mari kita simak ringkasan yang saya buat ini semoga dapat menambah pengetahuan kita mengenai ciptaan Allah SWT.

1. Asal muasal sumur zam-zam.

Sumur zam -zam terbentuk pada saat zaman nabi Ibrahim AS, ketika istri dari nabi Siti Hajar mencari air untuk anaknya Nabi Ismail. Dari keputusasaan itu malaikat turun untuk memerintahkan Nabi Ismail menghentakan kakinya ke tanah dan setelah itu keluarlah air dari bekas hentakan kaki tersebut. Sumur zam – zam sekarang ini adalah hasil dari galian paman Nabi Muhammad SAW yaitu Abdul Muthalib.

2. Dimensi dan Profil sumur zam – zam

Sumur zam -zam ini memiliki kedalaman 30,5 m hingga kedalaman 13,5 m teratas menembus lapisan alluvium wadi Ibrahi. Lapisan ini adalah lapisan pasir yang sangat berpori.Lapisan ini adalah lapisan batu pasir hasil dari transportasi dari tempat lain.

3. Mata Air Zam – zam.

Dibawah lapisan alluial Wadi Ibrahim ini terdapat setengah meter lapisan yang sangat lulus air (permeable). Lapisan yang sangat lulus air inilah tempat utama keluarnya mata air zam -zam. Di kedalaman 17 m kebawah sumur ini menembus lapisan batuan keras berupa batu beku Diorit. Batu jenis ini sangat susah ditemui di Indonesia tapi banyak ijumpai di Jazirah Arab. Dari uji pemompaan menyatakan bahwa sumur zam – zam ini dapat menghasilkan 11-18,5 liter / detik celah – celah dari rekahan batu ini dapat mengeluarkan air cukup banyak dan celah ini ada salah satunya memanjang e arah Hajar Aswad 75 cm dengan ketnggian 30 cm.

4. Kandungan Mineral

Tdak seperti air mineral yang kita jumpai selama ini, air zam – zam ini memang unik mengandung elemen – elemen alamiah sebesar 2000 mg per liter, elemen kimiawi dalam air zam -zam ini dapat dikelompokan menjadi: positive ion seperti sodium (250mg per liter), calcium (200mg per liter), pottssium (20mg per liter) dan magnesium (50 mg per liter) serta selain bahan kimia tersebut dapat kita bedakan juga unsur lain yaitu Negative Ion misal sulphur (372mg per liter), bicarbonates ( 366mg per liter), nitrat (273 mg per liter), phospat (0,25 mg per liter), ammonia (6mg per liter).

Dari ringkasan mengenai air zam – zam ini dapat kita lihat bahwa air tersebut merupakan air yang mengandung semua elemen yang ada di air mineral dan kandungannya pun sangat besar sehingga rasa dari air zam – zam ini sangat berbeda dari air mineral lain.

 
Leave a comment

Posted by on 30 June 2010 in Artikel, Artikel Islami

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: