RSS

Motivasi? Begitu Pentingkah Dalam Kehidupan?

30 Jun

Berbicara tentang motivasi tentu tak ada habisnya. Banyak hal yang perlu di bicarakan untuk menjelaskan bagaimana sesungguhnya peran motivasi dalam hidup kita. Banyak contoh di kehidupan ini bagaimana seorang yang biasa bisa menjadi luar biasa karena motivasi. Banyak orang yang ACTION itu juga salah satunya karna motivasi.

Bayangkan apa jadinya kalau Thomas A. Edison berhenti melakukan percobaan setelah lebih dari 100 kali percobaannya belum berhasil? Tentu kita tidak bisa mernikmati hasil karya nya yang begitu membantu umat manusia. Setelah ratusan kali uji cobanya belum berhasil (bukan gagal lho) namun ia tetap melanjutkan hingga percobaanya itu berhasil. Saat itu apa ya yang ada dipikiran om Thomas?

Motivasi adalah suatu dorongan yang datang dari dalam maupun dari luar diri kita, untuk menjadi manusia yang lebih baik dan dapat mencapai tujuan yang di impikan.

Ada dorongan kuat luar biasa yg terdapat dalam diri Thomas sehingga ia tak berhenti untuk ACTION meskipun harus melakukan ribuan kali percobaan.

Motivasi itu perlu kita bangun agar ketika kita menghadap masa masa sulit, jatuh dalam keterpurukan namun kita tahu harus berbuat apa. Masih ada tenaga dalam luar biasa yg bisa digunakan untuk bangkit, terus maju dan berusaha mencapai yg diinginkan. Bayangkan apa jadinya kalau hanya mendapat masalah kecil yang sebenarnya bisa diselesaikan namun kita terlalu fokus terhadap masalah sehingga masalah kecil tersebut tampak begitu besar dan tak bisa terselaikan.

Banyak contoh sederhana lainnya. Menjadi penulis hebat itu adalah dengan banyak menulis. Menjadi pebisnis internet yang sukses itu dengan cara terus belajar dan ACTION ilmu yang telah dimiliki. Motivasi menjadi penulis hebat itu agar ia tulisannya bisa bermanfaat bagi orang lain. Mempunyai nilai jual pada setiap kata yang ia tulis. Membesarkan namanya lewat tulisan, sehinga ia terus mengasah kemampuan menulis hingga GOAL nya menjadi penulis hebat tercapai. Begitu juga menjadi pebisnis internet.

Bagaimana caranya memotivasi diri sendiri. Banyak cara untuk memotivasi diri sendiri, namun perlu ketahui cara satu orang dengan orang lain berbeda. Ada orang yang termotivasi ketika dia menemukan ketakutan yang ada dalam dirinya, sehinga ia harus melawan ketakutan tersebut dengan melakukan ACTION. Adapula orang yang termotivasi ketika dia berada atau dekat dengan pimpinannya. Sikap pimpinannya menjadi figur yang harus dicontoh dalam kehidupannya.

Begitu pentingkah motivasi?

Hemm…tentu sangat penting. Bisa dilihat bahwa banyak orang yang mau membayar harga untuk sebuah tiket seminar senilai jutaan rupiah hanya untuk dua- tiga jam mendengar sang motivator berbicara. Ini merupakan salah satu bukti bahwa motivasi itu begitu penting dalam hidup kita.

Lalu bagaimana cara mendatang motivasi pada diri kita?

Motivasi itu bisa datang dari dua sisi, bisa dari luar dan dari dalam diri sendiri.

Melalui seminar maka akan termotivasi, nah seminar ini yang namanya memperoleh motivasi dari luar diri. Bisa dibilang kita hanya termotivasi pada saat seminar itu saja, tapi setelah seminar itu selesai dan beberapa harinya, tidak sedikit dari kita melempem atau tidak termotivasi lagi.

Nah kalau misalnya motivasi itu benar-benar datang dari dalam diri kita, tanpa adanya paksaan atau dorongan dari luar maka diri kita tetap bisa termotivasi. Maka rasa semangat dalam diri kita tidak akan cepat hilang. Untuk itu cobalah motivasi diri sendiri bagaimanapun caranya, karena cara seseorang untuk memotivasi diri sendiri itu beda-beda.

So, untuk memotivasi diri sendiri itu beda-beda tergantung dari karakter, kebiasaan, serta lingkungan sekitar kita. Apakan lingkungan sekitar mendukung untuk merubah kita menjadi lebih baik. Jika anda sudah termotivasi silakan anda berbagi ilmu, bagaimana anda memotivasi diri anda sendiri. Barang kali orang yang membaca artikel ini bisa menerapkan apa yang sudah anda ACTION kan untuk memotivasi diri sendiri agar menjadi pribadi lebih yang hebat.

Bagaimana apakah anda sudah ada bayangan bagaimana memotivasi diri sendiri, dan apa yang harus anda lakukan saat ini dan kedepanya. Saya akan bagikan tips sederhana bagaimana cara saya memotivasi diri sendiri.

1. Bergaulah dengan orang-orang yang baik. Berteman dengan penjual minyak wangi maka akan terbawa harum juga. Begitulah gambaran jika bergaul dengan orang-orang positif.
2. Rajinlah membaca buku yang memotivasi. Ini yang sering saya lakukan ketika saya sedang sedih, kecewa, down dan terpuruk. Membaca buku positif dapat mengalahkan energi negatif yang sempat menghinggap pada diri saya.
3. Motivasi diri anda denga kata-kata anda. Bahasa lainnya adalah afirmasi. Afirmasi adalah kata-kata positif yang kita ucapkan dengan sadar dan penuh semangat sehingga memberi dampak positif terhadap alam bawah sadar. Misalnya: “Saya harus sukses, kalau saya belum sukses maka saya harus telus belajar”. Bisa juga “Hari ini saya akan membuat orang lain tersenyum karena saya” atau “ saya akan bekerja keras dan terus belajar untuk mencapai cita-cita”
4. Fokus pada impian anda.Jika anda ingin menjadi pebisnis internet maka belajarlah dengan orang yang mengerti bisnis internet dan lakukan action.
5. Mulai buat goal sederhanaMulai buat rancangan program keberhasilan yang ingin anda capai. Mulailah dari yang sederhana. Membuat website merupakan salah satu goal saya yang sudah tercapai saat ini.
6. Berusaha mewujudkan cita-cita andaAction goal yang anda buat. Belum berhasil setelah action jauh lenih baik daripada tidak berhasil karena tidak action.
7. Terus berusaha dan berdoaSelah langkah-langkan diatas lalu saya barengi dengan berdoa. Meskipun doa saya belum dikabulkan, tetapi saya yakin Tuhan tidak akan menolak namun menunda doa saya (doa yang baik tentunya).

 
Leave a comment

Posted by on 30 June 2010 in Artikel, Artikel Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: