RSS

Lebaran Topat

20 Jun

Topat aran na ne

Setelah sholat Ied masyarakat di kampung2 seperti umumnya salam2an minal aidin walfaidzin bermaaf2an, suasana Idul Fitri di Lombok bisa dibilang biasa2 aja, nggak ada ketupat lebaran ataupun embel2nya. Rame2nya lebaran di masyarakat Lombok justru 6 hari setelah puasa syawal yang disebut dengan Lebaran Topat. Topat adalah bahasa lombok dari kata Ketupat dalam bahasa Indonesia, merupakan tradisi orang Sasak berhari lebaran seminggu setelah lebaran Idul Fitri. Bahkan tradisi lebaran ketupat (topat) yang dirayakan masyarakat Lombok sudah dijadikan sebagai callender of event pariwisata disana.

Masyarakat menggelar tradisi berlebaran ini ketupat sudah turun temurun, hanya saja tiap tahunnya tata cara pelaksanaannya berbeda sesuai dengan kondisi. Kalau jaman dulu tradisi ini merupakan ritual dan dilakukan dengan tata cara adat, namun sekarang karena tradisi ini sudah menjadi bagian dari pariwisata sehingga makna tradisi lebaran ketupat atau topat di Pulau Lombok sekarang ini sudah mengalami pergeseran dari makna sesungguhnya. Kalau dulu, hampir sebagian besar masyarakat merayakan lebaran topat di masjid-masjid. Tapi sekarang masyarakat di Pulau Lombok dalam merayakan lebaran topat lebih cenderung dilakukan di tempat-tempat objek wisata seperti pantai bersama keluarga atau sanak saudaranya.
Karena pusat2 acara sudah berpindah di tempat2 wisata maka banyak event maupun festival dihelat misalnya tradisi dimulai dengan iring2an cidomo atau dokar (kereta kuda-kendaraan umum di lombok) dengan berbagai macam pernik hiasan menuju kompleks makam para Tuan Guru Kyai (para ulama penyebar islam di tanah lombok). Masyarakat juga membuat hiasan2 dari ketupat dengan bentuk macam2, ada ketupat dibikin menggunung seperti kubah masjid, ada ketupat berbentuk pohon dan macam2 model hiasan ketupat lainnya. Selain itu acara juga diramaikan hiburan-hiburan orkes gambus, ada festival seperti lomba barzanji (ucapan2 shalawat dengan nada2 yang diadopsi dari aceh), ada lomba bebeduk (mukul beduk), lomba bikin ketupat, arak-arakan dulang pesaji ratusan ketupat dengan tinggi 1 sampai 2 meter dengan digotong rame2.
Tempat-tempat wisata yang dikunjungi masyarakat untuk berlebaran ketupat seperti Pantai Senggigi, pantai Ampenan, air terjun Sendang Gile daerah Senaru di kaki Gunung Rinjani dan tempat2 wisata lainnya. Di sepanjang pantai seperti sepanjang jalur kawasan wisata Senggigi ribuan warga Lombok biasanya tumpah ruah merayakan lebaran ketupat, terutama sekitar makam Batu Layar yang dipercaya sebagai tempat merapat kapal Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami penyebar agama Islam di tanah Lombok sekitar abad 17.
 
Leave a comment

Posted by on 20 June 2010 in VLS 2012

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: