RSS

Gol Drogba pastikan Chelsea Double Winners

16 May
FA cup

FA cup

Lengkap sudah gelar juara Chelsea di musim ini, setelah gol semata wayang Didier Drogba menghantarkan timnya mengalahkan Portsmouth dalam partai final Piala FA di Stadion New Wembley, Sabtu (15/5).

Bagi pelatih Carlo Ancelotti, keberhasilan memberikan gelar keenam ini tentu saja merupakan sukses tersendiri dalam karir perdananya di Inggris, yang mampu mengawinkan gelar Liga Premier dengan Piala FA.

Sementara bagi Portsmouth derita mereka seperti tidak terbendung lagi, dimana mereka sudah pasti turun ke divisi I (Championship) namun harapan untuk meraih gelar juara di Piala FA pun gagal mereka wujudkan.

Jalan pertandingan

Chelsea menggebrak jantung pertahanan Portsmouth terlebih dulu di menit-menit awal saat terobosan Nicolas Anelka sempat diblok oleh pemain bertahan Portsmouth namun bola muntah langsung disambar Frank Lampard, namun masih berada tipis di sisi kanan gawang.

Tidak lama kemudian penjaga gawang David James hampir merana melihat tendangan jarak jauh Frank Lampard hampir merobek jalanya, beruntung masih mengenai mistar gawang dan mereka pun terhindar dari kebobolan.

Ancaman demi ancaman terus dilayangkan oleh anak-anak asuhan Carlo Ancelotti setelah di menit ke-21 Didier Drogba memperoleh peluang matang dua kali, namun sayang keduanya tidak ada satu pun yang membuahkan hasil, karena tendangan pemain Pantai Gading itu masih dapat diblok oleh Aaron Mokoena.

Portsmouth ganti menyerang jantung pertahanan Chelsea hasil dari serangan yang cepat, Dindane mengirimkan umpan silang terukur kepada Boateng yang berdiri bebas dan dengan satu sentuhan ia memberikan umpan kepada Frederic Piquionne, namun sayang sontekannya masih dapat digagalkan Petr Cech.

Memasuki setengah jam permainan dua kali Chelsea kembali mengancam Portsmouth, dimana sontekan Kalou di mulut gawang masih melambung di atas mistar, dan tandukan kapten John Terry juga mengenai mistar gawang.

Tiang gawang sepertinya menjadi penyelamat sementara bagi Portsmouth di menit 38, setelah eksekusi tendangan bebas yang cukup jauh diambil oleh Didier Drogba kembali mengenai sisi atas gawang dan bola pun belum melewati garis.

Usai turun minum Portsmouth langsung menggebrak lini pertahanan Chelsea melalui Jamie O’Hara dan beruntung umpannya tidak dapat dimaksimalkan oleh Kevin-Prince Boateng yang hanya mampu melepaskan tendangan melambung ke atas mistar.

Kesalahan pemain pengganti Belletti saat melanggar Aruna Dindane di kotak terlarang membuat wasit Chris Foy tidak ragu lagi untuk menunjuk titik putih dan eksekusi pun diambil oleh Boateng.

Akan tetapi eksekusi yang diambil oleh Boateng di menit ke-56 itu masih mampu digagalkan kiper berkebangsaan Republik Ceko meski posisi badannya condong ke kanan, namun bola mengenai kakinya dan Portsmouth pun gagal mengendalikan keadaan.

Justru tiga menit kemudian Chelsea yang menjadi terdepan, setelah kali ini David James tidak mampu menyelamatkan gawangnya dari tendangan bebas Didier Drogba berjarak 27 meter yang tepat mengarah ke sudut kanan dalam.

Salomon Kalou berpeluang untuk menggandakan keunggulan The Blues, bila ia jauh lebih tenang dalam mengontrol bola hasil umpan silang rekannya, Branislav Ivanovic, yang maju membantu penyerangan, dimana sontekannya masih berada tipis di sisi kiri gawang.

Tidak maksimalnya performa Kalou membuat Ancelotti menariknya dan memasukkan Joe Cole guna menopang kinerja lini depannya dan hasil ini hampir terlihat bila saja ia mampu memaksimalkan upaya Drogba yang memberikannya umpan dan masih dapat digagalkan barisan pertahanan Portsmouth.

Pelatih Portsmouth Avram Grant sepertinya ingin menambah daya gedor lini depannya dengan memasukkan Nwankwo Kanu dan Nadir Belhadj, untuk mengejar defisit satu gol.

Dua menit menjelang bubaran pemain bertahan Portsmouth Michael Brown menjatuhkan Frank Lampard di kotak terlarang, dan wasit pun menunjuk titik putih. Namun eksekusi yang diambil oleh Lampard masih melebar di sisi kiri gawang.

sumber: sepakbola.com

 
Leave a comment

Posted by on 16 May 2010 in Football

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: