RSS

Ekonomi Internasional

27 Apr

EKONOMI DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Perdagangan Internasional
Ekonomi internasional mempelajari tentang hubungan ekonomi antara sesuatu Negara dengan Negara lain. Hubungan ekonomi tersebut dapat berbentuk hubungan pertukaran output, pertukaran sarana prosuksi dan hubungan hutang piutang. Hubungan ekonomi tersebut satu sama lain erat hubungannya akan tetapi akibat yang ditimbulkan berbeda. Oleh sebab itu ketiga hubungan itu perlu dibedakan.
Perdagangan dalam suatu ilmu ekonomi diartikan sebagai pertukaran yang dilakukan secara sukarela. Dan perdagangan yang dimaksud adalah perdagangan yang dilakukan oleh suatu Negara dengan penduduk Negara lain. Negara-negara melakukan perdagangan karena mendapat manfaat dari perdagangan ( gain from trade).
Merkantilisme adalah suatu kebijaksanaan ekonomi yang mengatur tantang perdagangan luar negri serta pembentukan ekonomi nasional yang kuat. Tujuan utamanya adalah menumpuk logam mulia dengan cara melakukan perdagangan luar negri. Untuk mencapai tujuan tersebut, Negara mengeluarkan berbagai peraturan yang pada hakikatnya ditujukan untuk meningkatkan ekspor dan mengurangi impor.
Adam Smit mengkritik banyaknya campur tangan pemerintah dalam sistem merkantilisme. Ia menganjurkan agar sebaiknya negara-negara melakukan perdagangan bebas yaitu perdagangan yang tanpa campur tangan pemerintah. Disamping mengkritik ia juga memberikan sumbangan pemikiran mengenai perdagangan internasional. Teorinya dikenal dengan teori keuntungan mutlak, kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam teori keuntungan mutlak, kemudian disempurnakan oleh teman-temannya, yaitu David Ricardo dengan teori ongkos komparatif dan J.S. Mill dengan teori keuntungan komparatif.

Kebijakan Perdagangan Internasional
Kebijaksanaan ekonomi internasional adalah tindakan pemerintah yang langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perdagangan internasional. Tujuan dari kebijaksanaan ekonomi internasional dapat digolongkan menjadi: antarki, economic welfare, proteksi, keseimbangan neraca pembayaran ekonomi internasional atau tujuan pembayaran.
Tariff dan quota digolongkan terhadap jenis rintangan dalam Perdagangan Internasional. Tariff dapat mempengaruhi perekonomian suatu Negara. Akibat naiknya harga karena adanya tariff, jumlah barang impor yang diminta di dalam negri akan berkurang dan produksi di dalam negri akan meningkat. Pemerintah akan memperoleh pendapatan dengan diadakannya tarif dan produsen lokal memperoleh tambahan perndapatan.

Neraca Pembayaran Internasional
Neraca pembayaran Internasional merupakan laporan keuangan tentang nilai transaksi ekonomi suatu negara dengan negara lain dalam bentuk ekspor impor dan aliran keluar masuk dana dalam bentuk ikhtisar yang tersusun secara sistematis selama jangka waktu tertentu.
Transaksi yang menimbulkan hak suatu negara untuk menerima pembayaran dari penduduk negara lain dicatat pada sisi kredit dan transaksi yang mengakibatkan timbulnya kewajiban untuk pembayaran kepada Negara lain dicatat di dalam sisi debet.

Kurs dan Pasar Valuta Asing
Kurs valuta asing didefinisikan sebagai jumlah uang domestik yang dibutuhkan untuk memperoleh satu unit mata uang asing.
Pasar valuta asing merupakan jaringan kerja dari perbankan dan lembaga keuangan untuk membeli (permintaan) dan menjual (penawaran) valuta asing dalam rangka melayani masyarakat.

Lembaga dan Sistem Moneter Internasional
Konferensi Dunia tentang Moneter dan Keuangan Internasional pada bulan Juli 1944 di Bretton Woods, Hampshire USA, membentuk dua lembaga yang mengatur sistem moneter internasional yaitu International Monetary and Financial (IMF) dan World Bank. Sistem moneter international merupakan suatu sistem yang diselenggarakan melalui dua lembaga keuangan internasional tersebut dengan tujuan untuk mengatur lalu lintas keuangan yang digunakan untuk mengembangkan perdagangan internasional.

sumber: http://id.shvoong.com/business-management/international-business/1871546-ekonomi-makro/

 
Leave a comment

Posted by on 27 April 2010 in FE UNRAM 09

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: